Inilah Bagian dan Fungsi Knalpot Mobil!

Mendengar knalpot tentu udah tidak asing lagi bagi masyarakat baik untuk orang yang menyukai otomotif ataupun tidak, terkecuali mendengar kata knalpot yang terbayang di kepala hanya terhadap ujung pipa kecil yang mengeluarkan asap dan nampak dari anggota belakang mobil.

Knalpot mobil merupakan exhaust system yang terdiri dari lebih dari satu anggota yang dirancang sehingga proses pembuangan gas sisa pembakaran bisa lebih lancar dan minim polusi.

Jadi intinya fungsi exhaust system ini untuk menyingkirkan gas hasil pembakaran yang berlangsung di dalam silinder mesin. Selain itu exhaust system ini juga punyai fungsi bisa melindungi performa mesin dan bisa mengurangi persentase racun yang terkandung dari gas buang.

Yuk lihat artikel ini sampai selesai untuk mengenal anggota dan paham fungsi knalpot mobil!

6 Komponen Knalpot Mobil

Ternyata tiap-tiap anggota dari knalpot ini punyai anggota dan fungsinya masing-masing, loh. Lalu apa saja fungsi dari tiap-tiap anggota dan komponen-komponen apa saja yang ada terhadap sebuah kendaraan? Berikut ini ulasannya.

Exhaust Manifold

Komponen pertama ada exhaust manifold. Komponen pertama ini merupakan kepala knalpot yang menampung atau menghimpun gas sisa pembakaran dari mobil.

Setelah itu gas sisa pembakaran nya dibuang lewat sirkuit knalpot. Proses ini bakal berlangsung tetap menerus selama mobil tetap digunakan sehingga bisa menghimpun dan menyingkirkan gas.

Exhaust Pipe

Yang ke dua ada Exhaust Pipe, menjadi terhadap komponen ini gas sisa pembakaran yang udah disatuka bakal di bawa ke pipa gas membuang atau yang disebut Exhaust Pipe.

Exhaust pipe ini merupakan komponen yang menghubungan Exhaust Manifold dengan komponen lain nya. Setelah itu komponen ini bakal mengalirkan gas membuang ke komponen selanjutnya yaitu, Catalytic Converter, yang bakal menyaring gas sebelum dibuang.

Catalytic Converter

Komponen knalpot mobil ketiga ada Catalytic Converter, komponen ini merupakan komponen yang punyai fungsi amat penting.

Seperti yang kita seluruh ketahui bahwa gas yang dikeluarkan oleh kendaraan itu punyai persentase zat yang berbahaya.

Pentingnya Catalytic Converter ini komponen ini bisa menyaring persentase zat beresiko berikut sebelum dibuang, zat beresiko yang perlu di saring oleh catalytic converter ini adalah zat Karbon Monoksida (CO), Hidrokarbon (HC), dan Nitrogen Oksida (NOx).

Zat-zat berikut sebelum dikeluarkan perlu disaring lebih-lebih dahulu, sehingga tidak menjadi polusi udara dan tidak beresiko terkecuali dihirup oleh makhluk hidup.

Resonator

Komponen seterusnya adalah resonator, komponen ini merupakan komponen yang punyai peran sebagai meredam suara ledakan gas yang dikeluarkan dari knalpot itu sendiri.

Biasanya suara ledakan bakal lebih keras terdengar terkecuali pedal gas ditekan lebih dalam, komponen ini juga bisa memperlancar pembuangan gas. Posisi komponen resonator ini berada terhadap posisi dekat dengan Catalytic Converter dan dekat dengan Muffler.

Muffler

Muffler punyai fungsi yang mirip seperti komponen yang sebelumnya yaitu Resonator, tidak cuman itu Muffler punyai fungsi utama sebagai peredam suara kala knalpot mengeluarkan gas buang.

Jadi dikarenakan Muffler ini knalpot tidak bakal berbunyi nyaring dan tidak mengganggu pengguna kendaraan lain atau masyarakat. Bentuk dari komponen Muffler ini seperti tabung yang berukuran amat besar, letaknya berada di belakang knalpot mobil.

Suara getaran bisa teredam dikarenakan terhadap anggota Muffler ini terkandung sekat dan pipa yang berliku yang menjadi jalan gas buang.

Tailpipe

Komponen terakhir ini yang disebut Tailpipe atau kadang disebut Muffler Tip merupakan anggota terakhir di dalam pembuangan gas.

Fungsi Tailpipe ini untuk mengimbuhkan penampilan yang lebih keren dan modis terhadap mobil, sebetulnya komponen ini accessories pemanis. Untuk lebih dari satu model Tailpipe ini bukan hanya untuk accessories tetapi bisa juga menyaring gas buang.

Itulah lebih dari satu anggota dan fungsi dari sebuah knalpot mobil. Jika terhadap anggota knalpot ada rusaknya tentu secara langsung maupun tidak langsung bakal mengganggu performa dari mobil.

Jika terasa ada kasus terhadap knalpot mobil sahabat pecinta otomotif, segeralah membawanya ke bengkel mobil terdekat. Bila sahabat pecinta otomotif menggunakan mobil toyota bisa langsung membawanya ke bengkel resmi  toyota.